Kamis, 14 Agustus 2014



Keunggulan Google Drive sebagai Penyimpan File Online

Google DriveGoogle Drive merupakan salah satu aplikasi milik Google yang berfungsi untuk menyimpan file secara online (memanfaatkan jaringan internet) secara gratis. Sehingga file-file tersebut dapat mudah diakses oleh pemiliknya sendiri kapan dan dimanapun keberadaannya. Asalkan tersedia computer desktop, laptop, computer tablet, ataupun smartphone yang terhubung dengan internet. Keutamaan dari Aplikasi Google yang satu ini adalah mampu disetting untuk pribadi maupun di-shear dengan para pengguna sesama Google Drive lain. Bahkan memungkinkan untuk melakukan kolaborasi dalam pengeditan file dapat juga dilakukan.
Google Drive merupakan pengembangan dari Google Docs yang menyediakan kapasitas penyimpanan file sebesar 5 GB kepada setiap penggunanya secara gratis (free). Menurut informasi yang saya peroleh dari Wikipedia, menyebutkan bahwa Google Drive ini telah diluncurkan sejak tanggal 24 April 2012. Akan tetapi saya memanfaatkan Aplikasi Google tersebut baru beberapa bulan yang lalu. Pengalaman saya dalam memanfaatkan Google Drive yaitu sebagai penyimpan file-file Bahan Ajar Kuliah sehingga saya tidak begitu banyak tergantung dengan file Bahan Ajar yang saya simpan di lapotop maupun Flash Disk. Selain itu dengan Google Drive dapat mengurangi penggunaan transfer file via Flash Disk sehingga penularan virus computer lebih dapat terhindari.

Fitur-fitur Google Drive
Kapasitas Penyimpanan sebesar 5 Giga Byte
Google Drive menyediakan space penyimpanan sebesar 5 Giga Byte kepada pemakainya secara gratis (free) yang dapat dipergunakan untuk menyimpan semua jenis dokumen berupa gambar, video, power point (PPT), PDF, dll. Jika Anda menginginkan memperbesar kapasitas sebesar 25 GB sampai 1 TB, Anda dikenai tarif sebesar USD 2,5 – USD 50 per bulan.
Intergrasi dengan Aplikasi Google yang lain
Dengan hanya memiliki satu akun Google sudah dapat dipergunakan untuk semua aplikasi Google yang lain, seperti: gmail, Google Plus (+), Google Search, dll.
Shearing
Terdapat dua pilihan dalam menyimpan file di Google Drive, yaitu disimpan untuk diri sendiri (file hanya dapat dilihat kita sendiri/pembuat akun) dan disimpan untuk keperluan shearing dengan pemakai akun Google Drive yang lain (file dapat dilihat oleh pengguna Google Drive yang Anda rekomendasikan).
Kolaborasi
Pemakai Google Drive dapat saling melakukan editing naskah secara bersamaan dalam waktu dan tempat yang berlainan.

Cara Mendaftar Google Drive
  1. Membuat akun email dengan menggunakan gmail.
  2. Login dengan email yang telah Anda buat tadi.
  3. Buka situs http://drive.google.com.
  4. Akun Google Drive Anda sudah aktif.
 Aplikasi Google Drive
Sebenarnya untuk membuat akun Google Drive sangat mudah sekali. Hanya saja yang perlu diperhatikan untuk selanjutnya adalah pengelolaan file yang akan telah di upload. File yang di upload akan digunakan untuk keperluan sendiri atau untuk berbagi (shearing).***
SUMBER: http://muh-amin.com/keunggulan-google-drive-sebagai-penyimpan-file-online/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar